Materi Kelas 4 Tema 1, Subtema 3, [SBDP]

Gerak dasar tari yakni bagian yang terpenting di tari. Gerak dasar tari yang melibatkan semua bagian dari anggota tubuh manusia. Gerak tari pula yaitu sebuah perubahan sikap ataupun posisi anggota tubuh di saat menggerakkan tarian. Tari adalah satu gerakkan tari yang sangat indah atau gambaran karakter manusia didalam tingkah lakunya.

Macam-Macam Ragam Gerak Tari


Berikut ini ada beberapa macam-macam dari ragam gerak tari, yaitu sebagai berikut:

  • Ragam Gerak Dari Tari Klasik ialah gerak tari yang sangat banyak memakai gerak murni serta gerak ekspresif dan juga imitatif yang sudah distilir ataupun diperhalus.
  • Ragam Gerak Dari Tari Kerakyatan ialah gerak tari yang sangat banyak memakai imitatif serta ekspresif. Gerakannya yang menirukan kegiatan serta emosi manusia sampai dapat menirukan perangai dari sebuah binatang.
  • Ragam Gerak Dari Tari Kreasi Baru ialah gerak tari yang sudah dibentuk dari beberapa paduan dari ragam gerak tari yang tradisional sehingga menjadi sebuah bentuk yang baru. Bentuk baru ini sudah terasa jauh lebih dinamis serta energik dikarenakan didukung oleh generasi muda serta ditata oleh sebuah koreografer yang sangat kreatif.
  • Gerak Imitatif adalah gerakan tari yg dilakukan sebagai sebuah hasil dari eksplorasi gerak yang terdapat didalam alam selain dari gerak manusia.
  • Gerak Imajinatif ialah gerak rekayasa manusia didalam membentuk sebuah tarian. gerak ini sudah terdiri dari gerakan maknawi serta gerak murni.
  • Gerak maknawi yakni gerak tari yang sangat mengandung arti ataupun memiliki maksud yang tertentu.
  • Gerak murni ialah gerak yang tak mengdung arti, tapi masih mengadung sebuah unsur keindahan.

Unsur Utama dalam Seni Tari

Sebuah gerakan tidak dapat dikatakan sebagai sebuah tarian apabila tak memenuhi 3 unsur. Apabila salah satu saja dari pada unsur tersebut tak ada, maka gerakan itu tidak dapat dikatakan suatu tari. Apa sajakah dari unsur itu?

  • Wiraga : yakni suatu tarian yang mengharuskan menampakkan gerakan pada badan, baik itu pada posisi duduk atau berdiri.
  • Wirama : yakni suatu seni tari yang harus mempunyai unsur irama yang bisa menyatukan dari gerakan badan dan musik pengiringnya, baik dari pada segi tempo ataupun iramanya.
  • Wirasa : yakni suatu Wirasa yakni tarian yang mampu untuk menyampaikan suatu perasaan, pesan yang melalui gerakan suatu tarian serta ekspresi dari penarinya.

Jenis Gerak Tari

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis dari gerak tari, yaitu sebagai berikut:

1. Gerak murni

Gerakan tari yang bertujuan semata sebagai fungsi estetis sehingganya hanya agar memperindah suatu tarian tanpa adanya maksud untuk melambangkan sesuatu. Contohnya yakni gerakan yang memutar-mutarkan pergelangan kaki serta menghentakkan kaki tanpa adanya maksud tertentu, ataupun gerakan menggulung selendang saat akhir tarian, dan lain sebagainya.

2. Gerak maknawi

Gerak tari yang selain dari fungsi estetis, pula lebih mengedepankan maksud ataupun lambang tertentu dari pada sesuatu yang ingin disampaikan kepada penonton tarian. Misalnya saja didalam tari Merak ada gerakan yang melebarkan selendang sambil untuk bergerak untuk mengelilingi panggung yang dapat menggambarkan dari gerak-gerik burung merak, dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4 MATEMATIKA SEMESTER 1 (Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa)

Yuk Latihan Soal! (Kelas 4, Tema 1, Sub Tema 2, [SBDP])

KELAS 4 (TEMA 2, SUBTEMA 3, PEMBELAJARAN 4, SBDP)