KELAS 4, BAB 1 ([MTK])

PECAHAN

        Bilangan pecahan banyak digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, satu buah apel dari sepuluh apel dalam satu keranjang dan satu coklat utuh yang dibagi menjadi sepuluh bagian sama. Contoh pertama menunjukkan konsep pecahan diartikan sebagai satu bagian yang sama. Contoh kedua menunjukkan konsep diartikan sebagai satu bagian dari satu unit tertentu. Agar dapat memahami konsep dengan baik, ayo ingat kembali materi tentang bilangan asli, bilangan cacah dan operasinya.
Perhatikan gambar dan bacaan berikut!

Gambar 1.1 Batang Cokelat dan bagiannya

Setiap Meli mempunyai makanan, ia selalu berbagi dengan adiknya. Meli juga selalu bersikap adil. Ketika membagi makanan, ia membagi menjadi dua bagian yang sama besar. Pada saat Meli ulang tahun, ia mendapatkan hadiah sebatang coklat. Meli memotong coklat menjadi dua bagian seperti pada Gambar 1.1. Bagian pertama ia berikan kepada adiknya. Berapa bagian coklat yang dapat dimakan oleh Meli?

Ada 5 tahapan yang harus kalian lakukan untuk memahami bilangan pecahan meliputi pecahan senilai, menyederhanakan pecahan dan membandingkan pecahan. Kelima langkah tersebut adalah mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Pengamatan

Perhatikan gambar dan bacaan berikut dengan cermat!

Dengan melihat gambar 1.2, coba kalian jawab per- tanyaan berikut ini.

Pada gambar 1.2 (bagian 1), berapa bagian buku berwarna kuning dari seluruh buku?

Pada gambar 1.2 (bagian 2), berapa bagian tongkat yang di cat warna merah?

Pada gambar 1.2 (bagian 3), berapa bagian buah apel yang dimakan?

Pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijawab meng- gunakan bilangan pecahan. Perhatikan gambar 1.3 berikut.



Gambar 1.3 Ilustrasi bagian dari buku (1), tongkat pramuka (2), dan buah apel (3)




Berikut ini contoh pertanyaan terkait dengan bilangan pecahan.

1.       Bagaimana cara menulis bilangan pecahan?

Apakah artinya dua pecahan yang memiliki nilai yang sama?

 Bagian dari benda-benda yang terdapat  pada gambar 1.2 dan gambar 1.3 hanya dapat dinyatakan dengan menggunakan bilangan pecahan. Bilangan pecahan digunakan untuk menunjukkan 2 bilangan cacah yang berbeda.

Pengamatan pada buku

Terdapat 10 buku dengan warna yang berbeda, 2 buku ber­ warna kuning dan 8 buku berwarna abu-abu, sedangkan total buku seluruhnya10 buku. Pecahan untuk menyatakan bagian dari buku kuning dari seluruh buku adalah 2 dari

10 bagian. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis 2/10                                                                                                                                                

Pengamatan pada tongkat.

Warna cat pada tongkat ada dua warna yang berbeda dengan bagian yang sama besar. Bagian pertama berwarna merah sedangkan bagian kedua berwarna putih. Pecahan yang menyatakan bagian tongkat yang berwarna merah adalah 1 dari 2 bagian. Pernyataan pecahan tersebut dapat


 
ditulis

Pengamatan pada buah apel.

Sebuah apel dipotong menjadi 4 bagian yang sama besar. Jika 1 bagian buah sudah dimakan, maka tersisa 3 bagian. Pecahan untuk menyatakan sisa buah apel yang belum dimakan adalah 3 dari 4 bagian sama besar. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis 3 .

                                                                                                                                                    4


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4 MATEMATIKA SEMESTER 1 (Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa)

Yuk Latihan Soal! (Kelas 4, Tema 1, Sub Tema 2, [SBDP])

KELAS 4 (TEMA 2, SUBTEMA 3, PEMBELAJARAN 4, SBDP)