KELAS 4 (TEMA 1, SUBTEMA 1, [BAHASA INDONESIA])

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dalam Paragraf

 

       Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Gagasan pokok sering disebut juga gagasan utama, ide pokok, atau pokok pikiran. Gagasan pendukung disebut juga gagasan penjelas. 

        Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau pokok paragraph. Gagasan pokok dapat dilihat pada kalimat utama. Kalimat utama biasanya terletak pada bagian awal atau bagian akhir. Kalimat utama yang terletak pada bagian akhir paragraf biasanya diikuti dengan kata-kata, seperti oleh karena itu, oleh sebab itu, jadi, dan dengan demikian. Contoh kalimat :

Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan. aku beserta kakan dan adik-adikku merasa tenteram bila berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, dan kadang-kadang bersendau gurau tentang berbagai hal. Teman-temanku juga merasa betah bila belajar bersama di rumahkau. Tempatnya sangat nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil dan tetangganya ramah-ramah.

Gagasan pokoknya adalah : Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan.

 


Ciri-ciri kalimat utama :

  • Bersifat lebih umum dari kalimat lainnya;
  • Biasanya terletak di awal atau di akhir paragraf;
  • Dapat berdiri sendiri jika kalimat lain dihilangkan.

 

           Gagasan pendukung disebut juga gagasan penjelas yang fungsinya menjelaskan gagasan pokok. Gagasan pendukung/penjelas umumnya dinyatakan oleh lebih dari satu kalimat. Kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas. Contoh kalimat : 

Andi merupakan anak yang sangat rajin belajar. Di sekolah ia banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan. Usai sekolah pun, waktu ia habiskan untuk mengikuti berbagai macam les daripada nongkrong bersama teman-temannya. Bahkan di hari liburpun ia lebih terlihat sering terihat membaca buku di pinggir sungai.

Gagasan pendukungnya adalah : Andi sering ke perpustakaan

 


Ciri-ciri kalimat penjelas :

  • Bersifat lebih khusus dari kalimat lainnya;
  • Biasanya berupa contoh, data, maupun pernyataan-pernyataan;
  • Satu paragraf terdiri atas beberapa kalimat;
  • Tidak dapat berdiri sendiri. Apabila kalimat lain dihilangkan, maka kalimat tersebut akan sulit dipahami maksudnya.

           Indonesia memiliki keberagaman agama, suku bangsa, dan budaya. Ayo mengenal lebih dahulu keberagaman budaya dengan membaca teks di bawah ini untuk meningkatkan rasa bangga dan syukur terhadap keberagaman budaya Indonesia.           

            Masyarakat Banjarmasin Kalimantan Selatan, merayakan kemerdekaan RI dengan mengadakan lomba dayung. Lomba yang selalu diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ini diikuti ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Lomba dayung biasa diselenggarakan di Sungai Marta Pura. Cara perlombaannya, peserta harus menempuh jarak 500 meter dimana satu perahu diisi oleh 10 orang.


           

           Apa saja yang kalian ketahui setelah membaca teks diatas ? Dapatkah kalian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam teks di atas ? untuk dapat menjawabnya pahami terlebih dahulu penjelasan berikut.

             Setiap paragraf mengandung satu gagasan pokok. Setiap paragraf terdiri atas beberapa kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat gagasan pokok atau gagasan utama dalam satu paragraf. Sedangkan kalimat penjelas merupakan kalimat penjelas atau uraian dari kalimat utama yang memuat gagasan pendukung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4 MATEMATIKA SEMESTER 1 (Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa)

Yuk Latihan Soal! (Kelas 4, Tema 1, Sub Tema 2, [SBDP])

KELAS 4 (TEMA 2, SUBTEMA 3, PEMBELAJARAN 4, SBDP)